Aneka Produk Lebah

PROPOLIS

Propolis (lem lebah) dibuat dari getah yang dikumpulkan lebah pekerja dari pucuk-pucuk pohon dan kuncup bunga tertentu.

Getah lalu diproses dalam mulut lebah sampai menghasilkan lem, yaitu dipakai untuk meletakkan dan merekatkan gumpalan-gumpalan lilin yang siap menyempitkan lubang sarang.

Kegiatan ini biasanya dilakukan pada musim dingin dengan tujuan untuk lebih melindungi dan menghangatkan sarang.



Propolis sebagai pelindung sarang lebah

Salah satu produk lebah adalah propolis atau sarang, yang di dalamnya terkandung beragam vitamin dan mineral yang bermanfaat sebagai antioksidan seperti bioflavonoid.

Lebah sangat rentan terhadap infeksi bakteri dan virus yang dapat menghancurkan sarangnya..

Untuk menjaga agar sarang, koloni telur, dan larva lebah didalamnya tetap steril serta telur dapat menetas sempurna, lebah memproduksi bee propolis.

Dengan adanya bee health propolis, jumlah bakteri dan virus dalam sarang menjadi sedikit.


Berbagai khasiat propolis


Peranan propolis sebagai penyembuh yang luar biasa adalah sebagai berikut :

  1. Penetral racun dlam tubuh dan sekaligus antioksidan yang kuat.
  2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  3. Propolis antibiotik alami.
  4. Propolis memperkuat sel dan mempercepat regenerasi sel.
  5. Propolis juga penyembuh ajaib bagi penyakit seperti tumor, jantung dan pembuluh darah, diabetes mellitus, ateriosklerosis atau pengapuran pembuluh darah oleh lemak, infeksi, gangguan pencernaan, gangguan pernafasan, penyakit saraf, arthritis dan rematik.

ROYAL JELLY

Royal jelly atau sari madu merupakan cairan putih berupa jeli atau krim susu dengan rasa asam.

Royal jelly jadi makanan larva lebah dan lebah ratu sehari-hari yang memacu ratu lebah untuk bertelur setiap hari 1000-1500 butir telur sepanjang hidupnya.

Kandungan royal jelly

Royal jelly memiliki kandungan gizi tinggi berupa protein 45 %, lemak 13%, gula 20%, garam mineral, aneka vitamin (B-kompleks, H, dan E).

Juga mengandung enzim pencernaan , hormon gonadotropin yang bisa menstimulir organ reproduksi ratu dan pemasakan telur, antibiotika germisidin yang dapat mencegah pertumbuhan jamur dan mikroorganisme.


Baca juga : ( Kandungan dan Manfaat Madu )


Nutrisi royal jelly bisa menggantikan sel-sel tubuh yang mati dan memelihara kebugaran tubuh, mempertahankan keperkasaan laki-laki.

Vitamin H atau biotin yang terdapat dalam royal jelly berfungsi mengatur lemak dan protein dalam tubuh , memperlancar proses asimilasi, mengaktifkan kembali kelenjar tubuh yang tidak bisa bekerja normal, serta menghilangkan rasa lelah.

Kelebihan dan manfaat royal jelly

  1. Royal jelly mengandung campuran vitamin, mineral, protein dan asam lemak yang merupakan anti inflammatory dan antitumor.
  2. Royal jelly tidak hanya memberikan vitalitas dan awet muda melalui kemampuannya meningkatkan kelenjar endocrine, tetapi juga mampu melawan batuk rejan.
  3. Royal jelly akan menghasilkan manfaat yang besar apabila kita mengkonsumsi secara teratur. Seperti pada kasus bronkhitis, migrain, nafsu makan dan masalah pencernaan, keletihan akibat kekurangan kelenjar endocrine.
  4. Royal jelly efektif dalam mengurangi gejala radang sendi.
  5. Royal jelly mengandung vitamin A, B kompleks, C, D, dan E serta vitamin B dan bagian-bagiannya seperti B1, B2, B3, B6, B12, biotin, folic acid, yang dapat meningkatkan kelenjar adrenalin dan dapat mengurangi stres.

POLLEN (Tepung Sari)

Didalam pollen terdapat vitamin A, B,C, D dan E. Selain itu, pollen juga mengandung asam amino seperti prolene, asam glutamate dan asam aspartat.

Kadar protein yang disimpan dalam sarang yang cukup tinggi.

Pollen yang digunakan dalam pengobatan sudah ada yang berbentuk tablet.

Pollen berkhasiat meningkatkan daya tahan tubuh, memperlambat proses penuaan, menghaluskan kulit muka, menurunkan kolesterol.

Melancarkan fungsi pencernaan, mengobati asma, mencegah pendarahan otak, melindungi selaput jantung dan dikonsumsi penderita diabetes serta memperpanjang umur.


LILIN ATAU MALAM LEBAH (BEES WAX)

Lilin lebah (malam) dimanfaatkan untuk industri farmasi dan bahan dasar kosmetika, pembuatan lilin penerangan dan industri perlebahan .

Contohnya, malam lebah digunakan untuk salep, berbagai lotion, krim dingin, lipstik, pelapis pil, perekat krayon, permen dan tinta.

Pada industri farmasi, malam lebah digunakan sebagai bahan pembuat plester atau kain pembalut, obat-obatan luar, campuran bahan-bahan tahan air atau waterproof, cairan tinta, campuran pensil, campuran semir dan zat mengkilap.

APITOXIN ( BEE VENOM)


Apitoxin atau racun lebah merupakan racun yang dibuat lebah pekerja, yang berbentuk cairan bening dan cepat mengering.

Racun lebah adalah suatu bentuk perubahan dari alat pengantar telur. Sengatnya digunakan untuk menghalau pengganggu sarang.

Bee venom memiliki daya guna yang cukup efektif untuk mengobati rematik, neuritis, asma, hipertonik, poliarthritis, sakit kepala karena gangguan saraf, kencing manis, arthritis, pegal-pegal, sakit gigi, nyeri punggung, migrain, asam urat, susah tidur dan impotensi.


Posting Komentar

0 Komentar