Cara Sukses Memelihara Gurami di Kolam Campuran


Pada kali ini kami akan membahas tentang cara memelihara ikan gurami di kolam campuran.

Untuk anda yang ingin memulai usaha dalam pemeliharaan ikan gurami maka kami akan mengulas cara pemeliharaan agar anda dapat menghasilkan ikan gurami yang berkualitas.

Di kolam campuran gurami bisa dipelihara bersama ikan lain seperti tawes, ikan mas, tambak an, nilem, mujair atau lele.

Pemeliharaan gurami bersama dengan ikan konsumsi lainnya lebih menguntungkan dibanding pada kolam khusus.

Kombinasi budidaya gurami dengan ikan mas dan tambak an memberi nilai tambah karena sifat makan ketiga jenis ikan ini berbeda.


Kotoran gurami dapat memupuk perairan sehingga plankton akan tumbuh subur dan menjadi santapan lezat bagi tambak an, sedangkan kotoran gurami dapat dimakan langsung oleh ikan mas.

Kombinasi campuran gurami dengan nila, ternyata tidak menguntungkan bagi pertumbuhan gurami. 

Percobaan dilakukan dengan mencampur nila jantan dengan berat rata-rata 75 gram dan gurami rata-rata 88 gram pada padat penebaran 600 gram/m 2 atau 24 kg/kolam. 

Kolam nya kolam tanah seluas 5 x 8 m, tinggi air 60 cm dan debit air 1,5 liter/detik.

Pakan berupa pelet yang bersifat terapung. Pakan diberikan 2% dari berat badan ikan setiap hari. Pakan harian ini diberikan bertahap lima kali sehari. 

Pakan ini mengandung protein 25%, lemak 3 - 5%, serat 4 - 6%, abu 5 - 8%, air 11 - 13%, dan sisanya karbohidrat.

Pertumbuhan berat badan dan mortalitas diamati setiap dua minggu.


Secara uji statistik pertumbuhan berat individu gurami yang dipelihara secara campuran menunjukkan perbedaan. Berarti pertumbuhan gurami terganggu dengan keberadaan ikan nila.

Semakin banyak nila di sekitar gurami, semakin berkurang kecepatan tumbuh ikan gurami.

Sebaliknya pertumbuhan berat individu rata-rata perhari nila jantan tidak menunjukkan perbedaan yang berarti, baik dipelihara sendiri maupun dengan cara campuran.

Cara pemeliharaan kombinasi antara gurami dengan ikan nila jantan ternyata tidak efektif bagi pertumbuhan gurami. 

Sementara kombinasi antara gurami, ikan mas dan tambak an ternyata lebih efisien, karena sifat makan masing-masing jenis ikan berbeda.

Kolam campuran merupakan kolam berair tenang dengan debit air yang rendah. Untuk kolam seluas 100 meter persegi dapat ditebarkan 300 ekor ikan gurami dengan ukuran rata-rata 5-10 cm.



Proses penebaran ikan dapat diatur tergantung jenis mana yang paling disukai.

Selama pemeliharaan gurami dapat diberi pakan pelet ditambah daun-daunan sebanyak 20 -30% dari berat badan rata-rata per ekor. 

Agar pertumbuhan lebih pesat, selain pelet dan daun-daunan, gurami dapat juga diberi pakan dedak halus yang telah di seduh. Untuk setiap 100 ekor ikan diperlukan 1 kaleng dedak halus.

Demikian penjelasan kami tentang cara pemeliharaan ikan gurami di kolam campuran, semoga penjelasan kami dapat bermanfaat untuk anda. Terima kasih.

Posting Komentar

0 Komentar