Cara Sukses Memelihara Gurami di Kolam Khusus

Pada sekarang ini animo masyarakat sangat tinggi akan konsumsi daging ikan gurami. Maka apabila anda ingin memulai usaha untuk pemeliharaan ikan gurami.

Maka kali ini kami akan membahas cara memelihara ikan gurami di kolam khusus agar dapat menghasilkan daging ikan gurami yang baik dan berkualitas.

Pembesaran gurami pada kolam khusus, dilakukan tersendiri tanpa campuran ikan jenis lain. Benih yang ditanam sudah cukup besar, bibit ikan gurami berumur sekitar 2 bulan.

Namun apabila ikan gurami di besarkan di kolam secara khusus artinya hanya ikan gurami saja yang dibesarkan maka pertumbuhan gurami agak lambat.

Oleh karena itu pembesaran gurami pada kolam khusus biasanya kurang menguntungkan untuk peternak ikan gurami..

Namun  bila dilakukan pemberian pakan secara intensif, pertumbuhan gurami dapat dipacu lebih baik lagi.


Benih gurami yang di tebar pada kolam khusus biasanya berukuran panjang 10 - 15 cm.

Kalau luas kolam 1.200 meter persegi, diperlukan benih ikan gurami tebar 500 ekor dengan ukuran 8  sampai 11 cm, atau 400 ekor dengan benih berukuran 14 sampai 18 cm, atau 300 ekor bibit ikan kalau ukuran benih 20 sampai 25 cm.

Untuk memperoleh pertumbuhan yang menguntungkan pakan bisa di tebar 2 hari sekali sebanyak 10% dari rata-rata berat badan ikan.


Pakan pokok gurami berupa pelet dan pakan tambahan berupa daun pepaya, daun talas dan daun kangkung. Pemberian pakan 50% pelet dan 50% daun-daunan memberikan hasil yang memuaskan .

Pemberian pakan 100% pelet mengakibatkan biaya produksi tinggi, sedangkan 100% daun-daunan pertumbuhan ikan terhambat.

Dalam penelitian padat penebaran 150 ekor/50 meter persegi kolam dengan pemberian ransum dengan nilai protein 32,7% ditambah daun-daunan serta kangkung tidak memberi perbedaan yang berarti.

Pakan diberikan setiap hari berupa 2 % pelet dan 2,5 % daun-daunan, dalam waktu 10 bulan pertumbuhan harian rata-rata 2,48 gram untuk kepadatan 150 ekor bibit ikan/50 meter persegi , dan 2,42 gram untuk kepadatan 250 ekor bibit ikan/50 meter persegi.



Pemberian pakan dalam jumlah kurang akan mengakibatkan kemampuan ikan untuk tumbuh terhambat.

Sebaliknya pakannya banyak akan mengakibatkan pemborosan.Semakin tinggi padat penebaran, hasil metabolisme meningkat, sehingga nilai oksigen dalam kolam sangat rendah, sehingga pertumbuhan ikan akan terhambat.

Demikian penjelasan kami tentang cara pemeliharaan ikan gurami di kolam khusus. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda yang ingin memulai usaha pemeliharaan ikan gurami ini. Terima kasih.

Klik disini : Cara Sukses Memelihara Gurami di Kolam Campuran
                    Cara Sukses Memelihara Belut Dengan Kolam Tembok
                    Cara Sukses Memelihara Belut Dengan Kolam Drum/Tong

Posting Komentar

0 Komentar