Cara Sukses Membuat Gedung Sarang Walet

Pada kali ini kami akan membahas mengenai cara-cara dalam membangun gedung sarang walet. Bagi anda yang ingin memulai usaha walet, maka terlebih dahulu yang dilakukan adalah membuat gedungnya. 

Karena gedung adalah tempat walet membuat sarangnya sehingga dapat menghasilkan sarang maupun hasil yang lain dari walet tersebut.

Adapun yang pertama dilakukan adalah sebagai berikut ;

1. Lokasi Pembuatan

Hal pertama yang dilakukan dalam memelihara walet adalah lokasi penempatan. Karena harus diperhatikan faktor-faktor lingkungan yang cocok untuk kehidupan burung walet itu sendiri. 


Adapun lingkungan sebaiknya berdasarkan sifat-sifat dan faktor yang secara alami disukai oleh burung walet atau juga burung sriti.

Adapun lingkungan alami yang disukai oleh burung walet atau burung sriti adalah sebagai berikut :
a. Daerah dataran rendah dengan ketinggian maksimum 1.000 meter di atas permukaan laut, karena pada umumnya burung walet atau burung sriti tidak mau menempati rumah atau gedung dengan ketinggian mencapai 1.000 meter di atas permukaan laut.
b. Hindari dari keadaan daerah yang dekat dengan perkotaan atau perkembangan masyarakat, usahakan semirip mungkin dengan habitat asli burung.



c. Usahakan tempatnya dekat dengan pohon-pohon, persawahan, hutan, atau rawa-rawa sehingga burung walet dapat dengan mudah mencari makanan.
d. Hindari daerah yang terdapat burung buas yang dapat mengganggu burung sehingga burung merasa kurang aman dan kurang nyaman.
e. Lokasi dekat dengan habitat, sehingga burung dapat dengan cepat membuat sarangnya karena merasa dekat dengan habitat aslinya.

2. Cara pembuatan gedung walet

a. Pada umumnya luas rumah untuk burung walet seperti bangunan gedung besar yang luasnya dapat bervariasi dari 10 meter x 15 meter atau 10 meter x 20 meter, tergantung dari keinginan peternaknya.


b. Ketinggian tembok rumah walet praktis sama dengan rumah sriti, yaitu sekitar 5 sampai 6 meter. Tinggi rendah wuwungan sangat mempengaruhi kondisi suhu dan kelembaban gedung walet. Semakin tinggi wuwungannya maka semakin baik bagi rumah walet dan akan lebih disukai oleh burung walet.

Buatlah jarak antara wuwungan dengan plafon, semakin besar jarak antara wuwungan dengan plafon maka volume udara dalam ruangan  tersebut juga akan semakin besar sehingga panas udara tidak sepenuhnya menyinggung plafon.

Hindari adanya pohon-pohon yang tinggi disekitar bangunan yang menyebabkan bangunan tertutup oleh pohon besar. 

Pohon besar dapat menghambat burung untuk memasuki rumahnya maka bangunan harus terbebas dari bangunan yang menutupi agar burung dapat dengan mudah keluar masuk rumahnya.

c. Adapun kerangka atap dan sekat-sekat untuk melekatnya sarang burung walet sebaiknya dibuat dari kayu yang kuat dan cukup tua agar dapat bertahan dalam jangka waktu yang panjang, tidak mudah dimakan rengat dan tidak perlu cepat diganti. 


Penggantian tempat sarang burung yang terlalu sering dapat mengganggu ketenangan burung walet.

d. Adapun bentuk ruangan dapat dibuat bertingkat berdasarkan ketinggiannya, setiap tingkat akan dipetak-petak lagi menjadi beberapa ruangan sehingga akan menciptakan ruangan seperti suasana dalam gua bau karang yang alami.


Lubang untuk keluar masuknya burung dibuat di bagian atas, agar burung-burung dapat bebas keluar masuk tanpa terganggu pepohonan di sekitar bangunan gedung. 

Untuk satu ruangan cukup satu lubang saja. Lubang yang terlalu banyak dapat mempengaruhi suhu, kelembaban dan cahaya dalam gedung yang akan mengakibatkan tidak betahnya walet dalam gedung tersebut.

Letak lubang sebaiknya menghadap ke timur, karena pada pagi hari saat burung walet akan keluar, matanya silau terkena cahaya matahari. 



Dinding lubang sebaiknya berwarna hitam agar mudah di lihat oleh burung walet dari jarak jauh dan akan membantu burung walet cepat mengenal rumahnya.

Untuk mengurangi pembiasan sinar dari luar gedung, pada lubang keluar masuknya di beri penangkal sinar yang berbentuk corong dari kain berwarna hitam. 

Hal ini dimaksudkan agar sinar yang masuk dapat terfokus pada satu arah sehingga keadaan di dalm gedung akan lebih gelap.

Demikian penjelasan kami mengenai cara-cara dalam membuat gedung sarang walet. Semoga dapat bermanfaat bagi anda. Terima kasih.

Posting Komentar

0 Komentar