Cara Menanam Anggur Di Pekarangan yang Mudah dan Gak Ribet

Apabila anda mempunyai keinginan untuk mempercantik pekarangan anda maka salah satu solusinya adalah anda dapat menanam anggur di pekarangan rumah anda.

Selain mempercantik pekarangan rumah anda, tanaman anggur ini juga menguntungkan apabila anda menjadikannya sebagai bisnis.


Selain dapat memenuhi kebutuhan gizi keluarga anda, tanaman anggur ini juga dapat berfungsi sebagai peneduh halaman.

Pemeliharaannya juga sangat mudah sehingga anda dapat menjadikannya hobi sampingan yang dapat menjadi tambahan pemasukan karena buahnya juga dapat anda jual.

Anggur akan tumbuh dan  berproduksi sesuai perlakuan anda. Apabila anda merawatnya dengan baik, maka tanaman anggur ini pun akan memberikan hasil terbaiknya.


Adapun beberapa hal yang harus dilakukan apabila anda berkeinginan dalam menanam anggur langsung di pekarangan rumah anda yaitu antara lain sebagai berikut :
- Anggur adalah tanaman yang sangat menyukai sinar matahari langsung, jadi apabila anda berkeinginan untuk menanam pohon anggur maka tanaman anggur harus bebas dari tanaman yang berdaun lebat yang membuat teduh halaman atau  pekarangan rumah anda.
- Umumnya dalam menanam pohon anggur harus diperhitungkan arah mata angin. Biasanya dari arah utara ke selatan.
- Karena tanaman anggur tumbuhnya merambat, maka harus dipikirkan pula untuk sudut pandang tanaman anggur tersebut agar terlihat cantik sehingga pekarangan anda enak dipandang mata.
- Tanaman anggur yang ditanam langsung di pekarangan rumah juga rentan apabila terkena hujan dan banjir. Perlu diingat bahwa tanaman anggur ini adalah tanaman yang tergolong tanaman yang tidak suka tergenang oleh air maka sebaiknya pastikan bahwa tempat tumbuhnya tanaman anggur di pekarangan rumah memiliki sistem drainase atau pembuangan yang baik.


Persiapan Tanam

Berikut adalah penjelasan bagaimana cara-cara melakukan pra-penanaman buah anggur ini :
- Bersihkan tempat yang akan menjadi lubang tanam untuk menanam buah anggur.
- Siapkan lubang tanam untuk menanam ukuran kira-kira 60 cm x 60 cm x 60 cm.
- Tanah bagian atas dicampur dengan pupuk kandang dan pasir dengan perbandingan 1 : 1 : 1 .
- Kemudian lubang tanam dibiarkan terbuka kurang lebih selama dua minggu sebelum menanam bibit anggur.
- Anda juga dapat memasukkan kapur pertanian serta insektisida bila diperlukan pada satu minggu sebelum dilakukan penanaman bibit anggur.
- Bibit yang telah siap  tanam (3-4 bulan atau daun tumbuh sebanyak 7-10 lembar) ditanam dengan jarak tanam 4 meter x 4 meter.
- Lalu kemudian pasang kawat para-para dengan ketinggian 1,75-2 meter.


Langkah-langkah penanaman. 

Langkah-langkah dalam menanam anggur di pekarangan atau di lahan dan dalam pot tidak jauh berbeda. 

Adapun langkah-langkah untuk menanam anggur di lahan atau pekarangan rumah yaitu sebagai berikut :
- Siapkan bibit anggur yang akan dipindah untuk ditanamkan. Ada baiknya proses pindah tanam dilakukan pada pagi hari atau sore hari untuk mengurangi tanaman anggur menjadi stres.
- Kemudian masukkan bibit anggur yang sudah siap untuk ditanam dalam lubang tanam. Apabila anda memiliki bibit yang sudah tumbuh dan daunnya telah lebat, maka pangkas daun dan batangnya. Kemudian sisakan satu mata tunas saja pada batang utama tanaman anggur.
- Tutup kembali lubang tanam dengan tanah dan kemudian jangan lupa untuk disiram.
- Bangun tempat rambatan tanaman anggur sesuai dengan ukuran yang dikehendaki. Sebaiknya tingginya dibuat minimal satu meter untuk memudahkan perawatan dan panen buah anggur.


Posting Komentar

0 Komentar