Jenis Burung Lovebird Tercantik 2020

Dalam memelihara burung lovebird perlu diketahui jenis apa saja yang akan dipelihara. Maka dari itu, disini akan dijelaskan jenis-jenis burung Lovebird berdasarkan warna bulunya maupun dari jenis spesies burung itu sendiri.

a. Jenis Lovebird Berdasarkan Spesies.

1. Lovebird Madagaskar (Agapornis cana)

Burung lovebird madagaskar umumnya memiliki panjang tubuh kurang lebih 14 cm dan berat 25-28 gram.


Burung ini memiliki bulu tubuh yang umumnya berwarna hijau. Kepala leher dan dada berwarna abu-abu.

Dibagian bawah sayap berwarna hitam, bulu ekornya berwarna hijau. Paruh berwarna abu-abu muda dan iris berwarna coklat tua. Burung ini memiliki warna kaki abu-abu.

2. Lovebird Muka Merah (Agapornis cana)

Burung ini memiliki panjang tubuh kurang lebih 15 cm dan berat sekitar 43 gram. Bulu tubuh umumnya berwarna hijau dan sedikit lebih kekuningan di bagian bawahnya.



Dahi muka berwarna orange dan tunggirnya berwarna biru terang. Bulu dibawah sayap berwarna hitam, ekor berwarna hijau, paruh berwarna orange, kakinya berwarna bu-abu dan paruhnya berwarna merah orange.

3. Lovebird Abisinia (Agapornis taranta)

Burung ini memiliki ukuran panjang tubuh sekitar 15-16,5 cm dan berat sekitar 55-65 gram. Burung abisia jantan dan betina sangat mudah dibedakan dari warna bulunya .



Bulu burung betina seluruhnya berwarna hijau sedangkan bulu jantan terdapat warna merah di bagian dahi, lorus dan lingkar matanya berwarna merah.

Bulu di bawah sayap berwarna hitam, ekor berwarna hijau, paruh berwarna merah tua, iris berwarna coklat gelap dan kakinya berwarna abu-abu.

4. Lovebird Kerah Hitam (Agapornis swinderniana)

Burung ini memiliki ukuran panjang tubuh sekitar 13 cm dan berat 39-41 gram. Bulu umumnya berwarna hijau serta sedikit lebih pucat di bagian kepala dan bagian bawah.



Tunggir dan bagian punggung berwarna biru, bulu dibagian bawah sayap berwarna hijau. Bulu ekornya berwarna hijau, kerah hitam yang sempit di bagian tengkuknya dan seluruh leher bagian kerah berwarna kuning dan kadang-kadang dengan sedikit warna yang memudar.

Paruh berwarna hitam keabu-abuan, iris berwarna kuning dan kakinya berwarna kuning kehijauan sampai hitam.

5. Lovebird Muka Salem (Agapornis reseicollis

Burung ini memiliki ukuran panjang tubuh 15 cm dan berat sekitar 46-63 gram. Bulu umumnya berwarna hijau, lebih kuning di tubuh bagian bawahnya.



Bulu dahi dan dibelakang mata berwarna merah dan luruh,pipi, kerongkongan dan bagian atas dada berwarna merah muda.

Tuggirnya berwarna biru terang, bulu dibagian bawah sayap berwarna hijau dengan sedikit warna biru. Paruh berwarna kuning gading, iris berwarna coklat tua dan kakinya berwarna abu-abu.

6. Lovebird kacamata nyasa (Agapornis lilianae)

Burung ini memiliki ukuran panjang tubuh sekitar 13,5 cm dan berat sekitar 28-37 gram.Bulu umumnya berwarna hijau lebih kekuningan dibagian tubuh bawah dan tunggir.



Dahi dan kerongkongan berwarna merah orange dan menjadi merah muda kekuningan pada bagian mahkota.

Lorus dan bagian atas dada dan bulu ekor berwarna hijau, lingkar di sekeliling mata berwarna putih, paruh berwarna merah tua, Iris berwarna coklat kemerahan tuan dan kakinya berwarna coklat ke abu-abuan.

Baca juga disini : Cara Membedakan Love bird Jantan dan Betina
                             Cara Merawat Burung Lovebird Selama Prakontes dan Pasca Kontes
                             Masalah Dalam Penangkaran Lovebird
                             Cara Merawat Lovebird


7. Lovebird Kacamata Fischer (Agapornis fischeri)

Burung ini memiliki ukuran panjang 15 cm dan berat antara 42-58 gram. Bulu umumnya berwarna hijau, lebih kekuningan pada tubuh bagian bawahnya.

Dahi, pipi, dan kerongkongan berwarna orange, bulu di bagian kepala lainnya berwarna hijau pudar, bagian atas dada dan kerah sekitar leher berwarna kuning.



Bagian atas ekor berwarna biru muda, bagian bawah sayap berwarna biru dan hijau, ekornya berwarna hijau, lingkar di sekitar mata berwarna putih. Paruh berwarna merah, iris berwarna coklat dan kaki berwarna abu-abu.

8. Lovebird Kacamata Topeng (Agapornis personata)

Burung ini memiliki ukuran panjang 14,5 cm dan beratnya sekitar 43-47 gram. Bulu umumnya berwarna hijau. dahi lurus dan ubun-ubun berwarna hijau kecoklatan.

Bulu di bagian kepala lainnya berwarna kehitam-hitaman. Kerongkongan berwarna orange dan bagian atas dada dan kerah di sekeliling leher berwarna kuning.



Bulu ekor berwarna hijau, lingkar di sekeliling mata berwarna putih, paru berwarna merah, iris berwarna coklat dan kakinya berwarna abu-abu.

9. Lovebird Kacamata Pipi Hitam (Agapornis nigrigenis)

Burung ini memiliki panjang 13,5 cm dan berat sekitar 36-52 gram. Bulu umumnya berwarna hijau, lebih kekuningan pada bagian bawah dan tunggir.


Dahi dan ubun-ubun depan berwarna coklat kemerahan. Lorus, kerongkongan dan pipi berwarna hitam kecoklatan.

Bagian atas dada berwarna merah orange pucat, ekor berwarna hijau paruh berwarna merah tua, iris berwarna coklat dan kaki berwarna coklat keabu-abuan.

b. Jenis Lovebird berdasarkan bulunya

1. Ewing

Ciri utama Lovebird jenis ini adalah warna sayapnya yang gelap. Kandungan pigmen warna gelap lebih banyak daripada bulu-bulu dibagian tubuh lainnya. Kepalanya berwarna gelap.


2. Pastel Ijo

Warna burung ini dominan hijau cerah cenderung kuning. Adapun Lovebird jenis ini ada dua macam yaitu pastel ijo kotor dan pastel ijo bersih.



3. Batman

Burung jenis ini kepala sayap, serta sebagian punggung dan dadanya berwarna hitam. Biasanya memiliki lingkaran putih disekitar matanya serta corak putih serta abu-abu di sekitar lehernya.



4. Parblue

Burung ini sebagian berwarna biru, meskipun tidak selalu dominan. Ada beberapa variasi parblue antara lain hijau standar, pastel standar, sable head, dan blorok.



5. Albino

Ciri utama burung ini adalah warna bulu yang seluruhnya berwarna putih. Bahkan kakinya juga berwarna putih hanya matanya saja yang berwarna hitam atau merah.


6. Biru mangsi

Burung ini memiliki warna bulu seperti warna biru pada tinta atau mangsi.



7. Pastel putih

Warna burung ini mirip dengan burung Lovebird albino tetapi mempunyai corak kebiruan diberbagai tubuhnya dan memiliki mata yang semuanya berwarna hitam.



8. Lutino

Pada burung ini kepalanya didominasi warna merah, termasuk mata dan paruhnya. Warna kuning terdapat pada dada, perut, punggung, sayap dan ekornya. Sementara kakinya berwarna putih seperti albino. Sebagian lovebird lutino ujung sayapnya berwarna putih.



9. Cobalt

Kepala cobalt ini hitam seperti burung dakocan atau dakori. Perbedaannya adalah pada badan dan sayapnya yang didominasi warna biru. Sebagian cobalt memiliki batas putih dari leher sampai perutnya.


Posting Komentar

0 Komentar