Jenis-Jenis Pepaya Unggul


Pada sekarang ini masyarakat sudah memahami akan pentingnya buah sebagai konsumsi sehari-hari. selain untuk meningkatkan produktivitas tubuh juga dapat sebagai serat yang dapat memperlancar pencernaan. Salah satunya yaitu buah pepaya.

Adapun terdapat berbagai jenis atau kultivar tanaman pepaya di dalam negeri. Tanaman pepaya ini sendiri mempunyai beberapa jenis varian unggul dalam negeri. Adapun jenis-jenisnya adalah sebagai berikut :

a. Pepaya Bangkok

Ciri khas buah pepaya ini adalah memiliki ukuran buah yang besar. Namun bentuk permukaan buahnya tidak rata atau bergelombang yang tidak beraturan dan kulit luarnya tipis, sehingga agak menyulitkan untuk di kupas. Cita rasa daging buahnya manis dan berair.


Sebelum hadir jenis pepaya berukuran kecil, pepaya bangkok merupakan jenis buah pepaya yang paling banyak diminati oleh masyarakat dan kemudian diproduksi dan kemudian dijual di pasaran. 

Dengan berjalannya waktu buah pepaya bangkok ini mulai digantikan oleh jenis buah pepaya lain yang ukurannya lebih kecil, terutama oleh buah pepaya california.

b. Pepaya Kultivar Institut Pertanian Bogor.

Berbagai variasi pepaya unggul memiliki produktivitas yang tinggi, lebih tahan terhadap hama, bentuknya lebih seragam dan tidak ada kekosongan masa panen.

IPB-1 (Arum Bogor)

Pepaya ini merupakan jenis tanaman yang buah pepaya dengan buah berbentuk lonjong berukuran mini (bobot 0,5-0,8 kg per buah). 

Kemudian setelah matang, buahnya berwarna jingga kemerahan. Di pasaran buah ini banyak di kenal sebagai buah pepaya citra.

IPB-@ (Prima Bogor)

Pepaya ini merupakan buah pepaya dengan buah berukuran sedang. Bobot buah mencapai 2,2 kg. Buah pepaya ini memiliki daging buah berwarna merah. 


Kelebihan buah pepaya ini yaitu dapat bertahan selama satu minggu dalam masa penyimpanannya.

IPB-3 (Carisya)

Buah pepaya ini merupakan buah pepaya yang buahnya berukuran kecil dengan bobot buah 0,4-0,6 kg perbuah. 


Kulit buahnya halus mulus berwarna hijau tua. Daging buah berwarna merah jingga dengan tekstur agak kenyal. Rasanya sangat manis dan memiliki berbagai keunggulan layaknya pepaya arum bogor.

IPB-6C (Sukma)

Tanaman pepaya ini merupakan tanaman dengan buah yang berukuran sedang. Bobot buahnya mencapai 2-3 kg. 


Daging buahnya berwarna merah dan ketika buahnya matang terlihat bersemburat kuning dibagian ujung buah.

IPB-9 (Calina/California)

Buah pepaya ini merupakan jenis pepaya yang paling populer di kalangan masyarakat umum saat ini, terlebih di kalangan perkebunan pepaya. 

Pepaya ini lebih banyak dikenal dengan nama pepaya california, pepaya merah delima atau pepaya madu. 


Tanaman pepaya ini mampu menghasilkan buah berkualitas dengan bobot 1,2 kg perbuah. Kulit buahnya sangat mulus dan berwarna hijau. 

Daging buahnya tebal, agak kenyal sekaligus lembut. Setelah matang, daging buahnya berwarna jingga kemerahan dengan rasa yang manis dan lezat.

IPB-10 (Wulung Bogor)

Tanaman pepaya ini menghasilkan buah pepaya berukuran besar dengan bobot minimal 2 kg per buahnya. Dengan memiliki kulit buah yang mulus untuk diambil getah buahnya.

Demikian penjelasan dari kami tentang jenis-jenis pepaya unggul. Semoga dapat bermanfaat bagi anda. Terima kasih.

Posting Komentar

0 Komentar